Apa Kelebihan Pasta Kangen Dibanding Waralaba Lain?

Dengan standarisasi bahan baku yang telah ditetapkan, anggota komunitas dibebaskan membeli bahan baku dimanapun mereka berada dan tentunya bahan baku tersebut sangat mudah ditemukan dimini mart atau pasar terdekat. Hal ini tentu sangat  menguntungkan jika dibandingkan dengan waralaba yang mengharuskan mitra membeli bahan baku di franchisor dengan monopoli harga yang mereka tetapkan, belum lagi terkadang jarak stockist dengan mitra berjauhan dan stock barang kosong. Dalam hal ini pasta kangen jauh lebih baik dari pada waralaba pada umumnya karna anggota komunitas bisa membeli bahan baku ditempat terdekat serta bisa mencari harga bahan baku yang lebih murah, tanpa harus terpaksa membeli monopoli harga seperti yang terjadi pada waralaba.

Pasta Kangen mendukung inovasi anggota komunitas dengan membebaskan anggota untuk menambah menu yang berpotensi  meningkatkan omset dan tentunya dengan standarisasi komunitas. Berbeda hal nya dengan waralaba pada umumnya, setiap mitra hanya diperbolehkan menjual produk yang dimiliki oleh franchisor demi memaksimalkan profit produk yang mereka jual, hal inilah yang akan menjadi boomerang dan nantinya akan merugikan mitra waralaba ketika produk franchisor sudah kehilangan trend atau minat pasar maka mau tidak mau mitra waralaba harus bersiap untuk gulung tikar demi mematuhi peraturan franchisor yang berlaku. Pasta kangen adalah sebuah komunitas yang solid dan menjadikan para anggotanya sebagai satu keluarga besar yang berkembang bersama, saling membantu baik solusi, promosi maupun strategi, kebersamaan yang begitu kental akan sangat terasa karna kita saling mendukung satu sama lain demi kemajuan kita bersama. Sebagai contoh :

  • A. Anggota komunitas pasta kangen A pada suatu malam kekurangan bahan baku, maka anggota tersebut bisa meminjam bahan baku ke anggota pasta kangen B.
  • B. Jika anggota komunitas terlalu jauh membeli roti / dough pizza maka anggota komunitas bisa saling membantu dengan menitip pembelian secara estafet, misalnya Pasta Kangen A membeli ke pabrik roti, Pasta Kangen B mengambil dari tempat Pasta Kangen A, lalu Pasta Kangen C mengambil dari Pasta Kangen B, segala bentuk penitipan secara estafet dikonfirmasi 3 hari sebelumnya.Anggota komunitas pasta kangen diarahkan saling mempromosikan atau menginformasikan keberadaan pasta kangen lainnya kepada konsumen demi kemajuan bersama. Berbeda dengan waralaba jual putus atau waralaba bahan baku yang memperlakukan mitranya hanya sebatas pembeli dan penjual, padahal kita mengetahui hubungan kekeluargaan yang solid akan jauh lebih menguntungkan.

Pasta kangen dengan inovasi serta menu yang terbukti tak luput oleh waktu, kita semua mengetahui pasta, pizza, burger dan kentang sudah masuk keindonesia sejak tahun 1984 dan tetap konsisten hingga saat ini, hal ini membuktikan bahwa menu tersebut bukanlah menu musiman / trend yang hari ini menjamur lalu 3 tahun kemudian memudar, belum lagi ditambah dengan inovasi menu seperti pizza strawberry hingga burger pisang cokelat yang membuat pasta kangen franchise indonesia sebagai usaha yang sangat minim pesaing. Selain itu anggota komunitas diperbolehkan menambah menu sesuai trend dan komunitas pun akan selalu memberikan inovasi menu terbaru. Hal ini membuat komunitas pasta kangen jauh lebih unggul dari waralaba pada umumnya yang ketika trend berubah mau tidak mau mereka akan gulung tikar.

Pasta kangen memberikan kemudahan bagi para anggota yang memiliki modal terbatas karena pasta kangen merupakan waralaba murah yang ada di indonesia. Mendirikan tipe start up / take away menghabiskan dana sekitar Rp. 16.800.000,-, untuk para anggota yang ingin mendirikan pasta kangen namun terbentur dana yang minim maka komunitas memberikan solusi dengan cara mendirikan usaha secara patungan atau join sesama keluarga komunitas, nantinya para anggota akan dimediasikan dengan anggota komunitas yang lain agar saling mengenal dan bersilahturahmi lebih intens demi membentuk kerja sama yang solid sebagai satu keluarga besar. Hal seperti inilah yang membuat pasta kangen jauh lebih baik dari pada waralaba pada umumnya.

Pasta Kangen memberikan kemudahan bagi para anggota yang memiliki keterbatasan waktu baik dikarenakan sedang kuliah, bekerja atau merasa masih menjadi pemula sehingga membutuhkan bantuan. Dengan konsep membangun usaha bersama sama, maka para anggota komunitas tersebut bisa bekerjasama dengan manajemen komunitas menggunakan sistem bagi hasil (akad) 60 : 40 secara syariah, sebagian besar usahanya akan dikelola oleh manajemen komunitas mulai dari suplai bahan baku, persediaan barang, laporan keuangan, manajemen SDM, penawaran, promosi hingga strategi. Namun bukan berarti anggota yang dikelolakan usahanya berlaku secara pasif meninggalkan usaha yang dimodalkannya begitu saja, dengan konsep membangun usaha bersama para anggota juga berkontribusi walau secara terbatas, seperti memantau ke lokasi usaha secara berkala, membantu promosi, penawaran dan penjualan yang pada akhirnya sangat berpengaruh bagi kemajuan usaha
yang para anggota miliki.

Pasta Kangen sebagai satu satunya bisnis kuliner yang mengusung membangun bisnis bersama dengan landasan komunitas sabagai satu keluarga besar. Dikomunitas ini pemula sekalipun tidak perlu khawatir untuk mendirikan sebuah usaha kuliner karena akan dibimbing oleh manajemen komunitas, disisi lain sifat kekeluargaan yang ditanamkan akan mempermudah kita untuk saling bertukar pikiran antar sesama anggota komunitas, kebersamaan yang dibentuk setiap berkumpul atau kopi darat membuat skema gotong royong dan saling membantu menjadi lebih baik lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *